HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PERAWATAN ISPA DI RUMAH PADA BALITA WILAYAH PUSKESMAS

ABSTRAK

 Skripsi,  Juli 2011

xii + 40 Hal + 4 Tabel +  2 Bagan + 4 Lampiran

ISPA dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai penyakit batuk pilek. Penyakit ini sering terjadi dan sering kali dianggap sebagai suatu penyakit yang lumrah dan  tidak  memerlukan pengobatan. Data Puskesmas Dermayu tahun 2009 dari 1.122 jumlah balita sebanyak 203 balita menderita penyakit ISPA dan pada tahun 2010 dari 1.257 jumlah balita sebanyak 432 balita menderita penyakit ISPA. Survei pendahuluan pada 5 orang keluarga tanggal 3 Maret 2011 dengan melakukan kunjungan rumah pada pasien yang menderita ISPA, terlihat semua ibu tidak mengetahui bagaimana cara perawatan balita yang menderita ISPA.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu dan perawatan ISPA pada balita serta untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan perawatan ISPA pada balita di.

Jenis penelitian adalah deskriptif analitik desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh ibu balita yang menderita ISPA yang berkunjung ke Puskesmas Dermayu Tahun 2011, berdasarkan populasi tahun 2010 yang berjumlah 432  orang. Sampel diambil sebanyak 100 orang mengunakan accidental sampling. Analisis dilakukan adalah analisa univariat dan  bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 29% ibu memiliki pengetahuan rendah,  72% ibu melakukan perawatan ISPA kurang baik dan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan perawatan ISPA pada balita di Puskesmas Dermayu Kabupaten Seluma (p = 0,04).

Kepada petugas kesehatan yang berada diwilayah kerja Puskesmas hendaknya dapat melakukan penyuluhan memberikan atau mengajarkan ibu-ibu yang mempunyai balita dalam hal perawatan ISPA dengan mengumpulkan ibu-ibu di Posyandu, sehingga dengan diberikannya penyuluhan perawatan ISPA diharapkan ibu yang anaknya menderita ISPA tidak terjadi mal nutrisi akibat penyakit ISPA yang berlarut-larut dan lebih cepat sembuh dari penyakitnya.


Kata Kunci: Pengetahuan, Perawatan ISPA, Balita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.