GAMBARAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM

ABSTRAK
Diabetes melitus merupakan sekelompok kelainan heterogen yang ditandai oleh kadar glukosa dalam darah meningkat. Jika keadaan ini berlangsung lama dapat menimbulkan komplikasi akut dan kronis, salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kejadian infeksi saluran kemih pada penderita diabetes melitus di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu Tahun 2008.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan survei yang menggunakan rumus distribusi frekuensi. Populasi yang digunakan adalah seluruh pasien diabetes melitus. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa responden diabetes melitus yang mengalami infeksi saluran kemih berjumlah 9 orang (19,6%) sedangkan responden  diabetes melitus yang tidak mengalami infeksi saluran kemih berjumlah 37 orang (80,4%).
Diharapkan kepada perawat di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dapat membuat suatu program tentang pendidikan kesehatan yang akan diberikan kepada pasien terutama pada pasien yang menderita diabetes melitus.
Kata Kunci : Infeksi Saluran Kemih, Penderita Diabetes Melitus

   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.