Gambaran Pengetahuan ditinjau dari Pendidikan Pasien Asma di Poliklinik Paru

ABSTRAK

               Asma merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan khususnya di propinsi Bengkulu yang angka kejadiannya semakin menunjukkan peningkatan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit asma adalah dari rangsangan dan faktor pencetus. Asma merupakan penyakit yang timbul secara berulang-ulang, dan perlu mendapatkan perhatian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pendidikan dikaitkan dengan pengetahuan pasien  asma.
Penelitian dilakukan di poli klinik paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu, dari bulan Juli sampai Agustus 2008 dengan responden sebanyak 24 orang. Desain penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pengambilan sampel dilakukan teknik accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dianalisa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan diinterprestasikan dalam bentuk narasi.
                Hasil penelitian didapatkan pengetahuan pasien asma dengan kategori baik (54,17%), lebih dari seperempat responden (37,5%) dengan pendidikan menengah, dan sebagian besar responden (87,5%) dengan pendidikan tinggi dan pengetahuan baik.
            Diperlukan peningkatan pengetahuan responden tentang penyakit asma melalui pemberian informasi terhadap keluarga ,dengan meningkatkan lagi kegiatan-kegiatan penyuluhan dan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari faktor pencetus asma.

 Kata kunci : pengetahuan, Pendidikan pasien asma.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.