Gambaran Tingkat Kemandirian Lanjut Usia dalam memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari(barthel indeks)ditinjau dari jenis kelamin di Balai Pelayanan dan Penyantunan Lansia

ABSTRAK

            Secara alamiah, proses menjadi tua mengakibatkan kemunduran, proses menua dapat menimbulkan berbagai masalah baik secara fisik – biologik, mental maupun sosial ekonomis. Hal ini mengakibatkan pula timbulnya gangguan didalam hal mencukupi kebutuhan hidupnya sehingga dapat meningkatkan ketergantungan yang memerlukan bantuan orang lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kemandirian lanjut usia dalam memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari di  Balai Pelayanan dan Penyantunan lansia Pagar Dewa Bengkulu Tahun 2009
Penelitian ini dilakukan di Balai Pelayanan dan Penyantunan lansia Pagar Dewa Bengkulu Tahun 2009 Desain penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan sampel secara total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder disajikan dan dianalisa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. 
            Hasil penelitian tingkat kemandirian lanjut usia dalam memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari pada tingkat mandiri (58,3 %), semi mandiri (33,3 %), dan ketergantungan       (8,3 %).
            Agar lansia dapat mandiri tanpa bantuan orang lain perlu dimotifasi dari petugas dan keluarga agar lanjut usia dapat melakukannya aktivitas sendiri dan perlu diadakan  penyuluhan serta pelatihan tentang program aktivitas lanjut usia.
Kata Kunci       : lansia, Kebutuhan aktivitas sehari-hari

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.