GAMBARAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PAUD

ABSTRAK
  
Dalam proses tumbuh kembang anak usia pra sekolah, peran ibu dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak sangat berpengaruh. Hal ini  berkaitan dengan pengetahuan orang tua khususnya seorang ibu dalam memberikan kebutuhan dasar pada anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran tumbuh kembang anak usia pra sekolah di Taman Kanak-kanak (TK) Paud Delia Bengkulu ditinjau dari tingkat pengetahuan ibu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan cross sectional, pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak (TK) Paud Delia Bengkulu dan sample dalam penelitian ini adalah accidental  sampling. Penelitian dilakukan selama seminggu di peroleh 30 responden.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada responden dengan pertumbuhan normal frekuensi tertinggi adalah dari ibu dengan tingkat pengetahuan baik yaitu 18 orang (64,3%) dan terdapat anak dengan pertumbuhan normal dari ibu  yang tingkat pengetahuannya kurang yaitu 3 (10,7%) pada anak dengan pertumbuhan kurang terdapat 2 orang (100%) yang berasal dari ibu dengan dengan pengetahuan kurang. Pada anak dengan perkembangan baik frekuensi tertinggi berasal dari ibu dengan tingkat pengetahuan baik yaitu 18 orang (90%), pada anak dengan perkembangan cukup frekuensi tertinggi adalah ibu dari pengetahuan cukup yaitu 5 orang (71,4%). Pada anak dengan perkembangan kurang 3 orang (100%) berasal dari ibu  dengan tingkat pengetahuan kurang.
Perlu adanya penyuluhan mengenai upaya pencegahan terjadinya ketidaknormalan pertumbuhan dan perkembangan pada anak kepada ibu-ibu yang mempunyai anak usia pra sekolah sehingga ibu-ibu bisa mengantisipasi bagaimana cara mencegah  kitidaknormalan pada anak usia pra sekolah.
Kata kunci : Pertumbuhan, Perkembangan, Tingkat Pengetahuan Ibu.

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: