Gambaran Upaya Perawat Dalam Meminimalkan Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Ditinjau dari Pendidikan dan Masa Kerja Perawat

ABSTRAK
      Selama anak menghadapi proses hospitalisasi anak dapat mengalami stress terutama anak usia pra sekolah. Hal tersebut merupakan masalah penting yang harus mendapatkan perhatian perawat dalam mengelola dan memodifikasi asuhan keperawatan anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran upaya perawat dalam meminimalkan stres hospitalisasi pada anak usia pra sekolah ditinjau pendidikan dan masa kerja perawat.
            Jenis penelitian adalah Deskriptif, data yang diambil adalah data primer, sampel yang digunakan adalah total sampling dengan responden sebanyak 35 orang perawat.
      Hasil penelitian perawat berpendidikan SI-Kep (Ners) dalam meminimalkan stres hospitalisasi pada anak usia pra sekolah (100%) dalam kategori baik, yang berpendidikan DIII-Kep/keb (45,4%) dalam kategori baik, dan berpendidikan SPK (100%) melakukan upaya meminimalkan stres hospitalisasi pada anak usia pra sekolah masih dalam kategori kurang. Begitu juga perawat yang masa kerja ≥ 2 tahun (54,5%) melakukan upaya meminimalkan stres hospitalisasi pada anak usia pra sekolah dengan kategori baik, yang masa kerja ≤ 2 tahun (38,4%) melakukan upaya meminimalkan stres hospitalisasi masih dalam kategori kurang.
      Diharapkan kepada pihak rumah sakit khususnya perawat ruang Melati  RSUD. Dr. M. Yunus Bengkulu dapat mengembangkan upaya meminimalkan stres hospitalisasi pada anak usia pra sekolah. 

Kata Kunci : Pendidikan, masa kerja, stres hospitalisasi     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.