Hubungan Kebiasaan Merokok dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada pasien di Poliklinik Jantung

ABSTRAK
Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit yang disebabkan oleh arterosklerosis, antara lain dipengaruhi faktor kebiasaan merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan merokok dengan kejadian penyakit jantung koroner pada pasien di poliklinik Jantung RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode analitik dengan rancangan cross sectional, Penelitian ini telah dilakukan dari tanggal 28 Juli 2009 sampai 15 Agustus 2009 dengan jumlah sampel 145 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien penyakit jantung yang bekunjung ke poliklinik jantung RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu pada saat penelitian dilakukan. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Chi-square.
Hasil analisis univariat pada kebiasaan merokok terdapat 78 orang (53,8%) pasien yang merokok, sedangkan  67 orang (46,2%) pasien yang tidak merokok, pada kejadian jantung koroner terdapat 80 orang (55,2%) pasien CAD, sedangkan 65 orang (44,8%) pasien tidak CAD. Hasil analisis Bivariat didapat ada hubungan kebiasaan merokok dengan kejadian penyakit jantung koroner pada pasien di poliklinik Jantung RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dengan nilai Continuity Correction  sebesar 8.040 dengan Asymp sig (ρ) = 0,005. Diharapkan hasil ini dapat memberikan masukan atau informasi dalam meningkatkan mutu pelayanan terutama asuhan keperawatan pada pasien dengan penyakit jantung koroner yang terjadi akibat dari kebiasaan merokok.
Kata kunci                  : PJK, Kebiasaan merokok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.