HUBUNGAN USIA IBU DENGAN KEJADIAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH (BBLR)

INTISARI
Latar Belakang : Angka kematian bayi (AKB) merupakan indikator yang paling penting untuk menggambarkan tingkat kesehatan masyarakat dan sangat erat kaitannya dengan status kesehatan ibu dan anak. Salah satu penyebabnya AKB di Indonesia adalah BBLR. Dari penelitian Suradi, dkk (2002) usia Ibu 35 tahun mempunyai peluang 2,10 kali untuk melahirkan anak dengan BBLR dibandingkan Ibu dengan usia 20 – 35 tahun. Ini bertolak belakang dengan penelitian Thaib (1992) dimana hasil penelitian ini menunjukkan faktor usia Ibu tidak jelas mempengaruhi BBLR.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan usia Ibu terhadap kejadian BBLR di RSUD Curup tahun 2006.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional dengan studi dokumentasi, sampel pada penelitian ini adalah semua status ibu dan bayi yang lahir di RSUD Curup dengan BBLR dan tidak BBLR dari bulan Januari 2005 sampai Mei 2006 yang dirawat di bangsal kebidanan RSUD Curup Tahun 2006 dengan jumlah sampel 401. Uji statistik untuk penelitian ini menggunakan uji Chi-Square.
Hasil : Dari 401 responden didapatkan Ibu yang melahirkan dengan usia 20 – 35 tahun pada kasus BBLR (17,2%) sedangkan Ibu yang berusia > 35 tahun pada kasus BBLR (5,7%) dan pada usia Ibu < 20 tahun (1,7%). ada hubungan  yang bermakna (signifikan) antara usia Ibu dengan kejadian BBLR di RSUD Curup tahun 2006 dengan X2hitung = 12,081 dan X2 tabel = 5,591 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Usia Ibu 20 tahun, pada Ibu yang berusia 20 – 35 tahun menunjukkan bukan faktor resiko terjadinya BBLR karena RP 35 tahun mempunyai peluang 1,720 kali untuk melahirkan bayi dengan BBLR dibandingkan dengan Ibu yang berusia > 35 tahun.
Diskusi : Dapat memberikan informasi bahwa usia Ibu beresiko terhadap kejadian BBLR.
Kata Kunci: Usia Ibu, BBLR, IbuIbu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.