FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN AKSEPTOR KB MEMILIH ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

ABSTRAK
  
AKDR adalah alat kontrasepsi yang di pasang dalam rahim untuk menghambat terjadinya pembuahan akibat dari bertemunya sperma laki-laki dan sel telur perempuan pada saat melakukan hubungan sex / senggama. Ke ikutsertaan akseptor KB dalam menggunakan alat kontrasepsi tidak terlepas dari berbagai faktor antara lain umur, paritas, pengetahuan, pendidikan, ekonomi, status pekerjaan dan sosial budaya. Pada penelitian ini hanya dibatasi pada umur, paritas, pendidikan dan pengetahuan.
Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas  Kandang  Kota Bengkulu tahun 2007. Penelitian ini telah selesai dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni tahun 2007. Jumlah sampel dalam penelitian ini 227 responden dari 514 populasi, pengambilan sampel dilakukan dengan sistem Random Sampling (acak sistematik) dan menggunakan uji korelasi Chi Square.
Hasil analisis univariat didapat bahwa pemilihan AKDR yang tidak menggunakan (39,2%) responden dan yang menggunakan (60,8%) responden.   Berdasarkan dari faktor umur  ≤ 35 tahun  (63,4%) responden, faktor paritas  multipara (60,8%), faktor pendidikan  > SLTA (56,8%) dan dari faktor pengetahuan  baik  (52,9%).
Hasil Analisis Bivariat dengan menggunakan uji korelasi Chi Square nilai      ρ value = 0,000 < 0,05 berarti ada hubungan antara umur dengan pemilihan AKDR, nilai ρ value = 0,003 < 0,05  berarti ada hubungan antara Paritas dengan pemilihan AKDR, nilai ρ value = 0,013 < 0,05 berarti ada hubungan antara Pendidikan dengan pemilihan AKDR dan nilai ρ value = 0,000 < 0,05 berarti ada hubungan antara Pengetahuan dengan pemilihan AKDR.
Perlu dilakukan upaya pembinaan yang dilakukan oleh Puskesmas melalui kerja sama dengan BKKBN, Posyandu, PKK, arisan dan pada Pasangan Usia Subur tidak hanya kepada Ibu-ibu melainkan juga kepada Bapak-bapak agar memahami metoda mana yang cocok untuk digunakan untuk terciptanya keluarga yang sejahtera, sehat, maju dan mandiri juga memiliki jumlah anak yang ideal, harmonis dan berwawasan ke depan serta bertanggung jawab.
Kata Kunci : Faktor Umur, Paritas, Pendidikan dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.