FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETERATURAN IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN DIPUSKESMAS

ABSTRAK
Angka Kematian Ibu di Indonesia masih sangat tinggi yang mungkin terjadi selama kehamilan dan persalinan, cakupan pelayanan kehamilan dapat dipantau melalui kunjungan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kunjungan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keteraturan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan.
Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Beringin Raya tanggal 06 Januari sampai dengan 27 Januari 2009, dengna reponden 54 orang. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan sampel diambil secara total sampling. Pengambilan data diambil dari data primer dan data sekunder, instrumennya adalah checklist dan kuisioner. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan diuji secara chi-square. Dari 54 responden yang diteliti sebagian besar ibu hamil yang berkunjung dari faktor usia menunjukkan (72,2%) ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan usia 20-35 tahun, sedangkan untuk paritas dan pengetahuan menunjukkan bahwa sebagian (58,4%) ibu hamil yang periksa adalah multipara, serta (55,6%) ibu hamil yang berkunjung berpengetahuan baik, dengan teratur melakukan pemeriksaan kehamilan yaitu (68,5%).
Hasil analisis diperoleh faktor usia, pengetahuan, paritas ada hubungan dengan keteraturan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan. Oleh karena itu, petugas kesehatan hendaknya dapat memotivasi ibu hamil bahwa pentingnya melakuan pemeriksaan kehamilan secara teratur serta diperlukan keterampilan yang baik bagi petugas kesehatan sehingga memberikan pelayanan yang bermutu.
Kata Kunci : Usia, Paritas, Pengetahuan, Keteraturan Pemeriksaan Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.