GAMBARAN KARAKTERISTIK KEJADIAN PREEKLAMPSIA DAN EKLAMPSIA PADA IBU BERSALIN

ABSTRAK

Preeklampsia dan eklampsia adalah penyakit pada wanita hamil yang langsung disebabkan oleh kehamilan. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran karakteristik (umur, tekanan darah, status persalinan) kejadian Preeklampsia dan Eklampsia pada ibu bersalin di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu tahun 2006. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2007 di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 62 kasus.
Hasil analisis penelitian dari 62 kasus kejadian Preeklampsia dan Eklampsia pada ibu bersalin yang ditinjau dari umur, tekanan darah dan status persalinan adalah sebagian besar umur > 35 tahun sebanyak 31 orang atau 50%, Tekanan darah sebagian besar Diastole > 90mmhg sebanyak 39 orang atau 62,9% dan status persalinan dengan kelahiran > 3 sebanyak 36 orang atau 58,1%.
Hal ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai bahaya dari Preeklampsia dan Eklampsia pada ibu bersalin yang ditinjau dari umur, tekanan darah dan status persalinan, oleh sebab itu sebagai Bidan di RSUD Dr. M Yunus diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih jelas lagi mengenai Preeklampsia dan Eklampsia pada ibu bersalin.
Kata Kunci : Umur, Tekanan Darah dan Status Persalinan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.