HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL MENGKONSUMSI TABLET FE DENGAN KEJADIAN ANEMIA DI PUSKESMAS

ABSTRAK
  
Saat kehamilan zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh lebih banyak dibandingkan pada waktu tidak hamil, yang berguna untuk pembentukan sel-sel  darah merah yang semakin banyak serta janin dan plasentanya, dengan rumusan masalah masih tingginya angka kejadian anemia dan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu Tahun 2006.
Janis penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional, Penelitian ini dilakukan dari bulan Desember 2006 sampai Januari 2007 di puskesmas Sukamerindu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 orang ibu hamil, dengan teknik pengambilan data menggunakan total sampling dan menggunakan analisis uji Chi Square.
Analisis Univariat di dapat bahwa pengetahuan ibu hamil mengkonsumsi tablet Fe yang kurang ada 27 (32,1%) orang ibu hamil, yang sedang ada 38 ( 45,2%) orang Ibu hamil, yang baik ada 19 (22,6%) orang Ibu hamil dan kejadian Anemia pada Ibu hamil yang anemia terdapat 36 (42,9%) orang ibu hamil dan ibu hamil yang tidak anemia terdapat 48 (57,1%).
Hasil Analisis Bivariat dengan menggunakan uji Chi Square dengan nilai             ρ value = 0,005 < α 0,05 berarti ada hubungan pengetahuan ibu hamil mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu tahun 2006.
Perlu dilakukannya upaya pembinaan oleh Puskesmas melalui pelatihan petugas dan penyuluhan yang dilakukan di Posyandu, PKK, arisan terhadap peningkatan pengetahuan ibu dalam hal mengkonsumsi tablet Fe, yang tujuannya untuk terciptanya keluarga yang sejahtera, sehat, maju dan mandiri juga memiliki jumlah anak yang ideal, harmonis dan berwawasan kedepan dan bertanggung jawab. 

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan dan kejadian Anemia 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.