GAMBARAN TINGKAT PENDIDIKAN, USIA DAN PEKERJAAN IBU YANG MELAKUKAN PERAWATAN TALI PUSAT

 ABSTRAK
Upaya untuk mencegah terjadinya infeksi tali pusat  adalah melakukan perawatan tali pusat  dengan prinsip steril dan bersih, terutama oleh tenaga kesehatan yang menolong persalinan dan juga oleh ibu-ibu yang mempunyai bayi yang belum puput tali pusatnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tingkat pendidikan, Usia dan Pekerjaan Ibu yang melakukan Perawatan Tali Pusat di rumah di Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu tahun 2007.
Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui gambaran faktor-faktor (pendidikan, usia dan pekerjaan) yang mempengaruhi ibu dalam melakukan perawatan Tali pusat di rumah di kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu, penelitian ini telah selesai dilaksanakan pada bulan Agustus 2007. dengan jumlah sampel yaitu  sebesar 88 ibu yang mempunyai bayi. Teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Hasil analisis faktor pendidikan ibu dalam perawatan tali pusat sebagian besar sedang yaitu 52 (59,1%) orang ibu, faktor usia sebagian besar usia < 35 tahun yaitu 57 (64,8%) orang Ibu dan faktor pekerjaan sebagian besar Swasta yaitu 36 (40,9%) orang ibu.
Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi dan masukan bagi petugas di puskesmas khususnya bagi petugas penyuluhan agar dapat meningkatkan ilmu pengetahuannya tentang pentingnya seseorang ibu untuk melakukan perawatan tali pusat guna menghindari ketergantungan dengan petugas kesehatan.
Kata Kunci     :  Tingkat Pendidikan, Usia, dan Pekerjaan Ibu yang melakukan perawatan tali Pusat di rumah

  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.