HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PARITAS DENGAN PEMBERIAN MAKANAN PRELAKTEAL PADA NEONATUS

ABSTRAK
              Hasil wawancara dengan ibu yang memiliki bayi pada bulan Januari 2012 terhadap 12 orang ibu yang baru melahirkan di wilayah kerja Puskesmas Sawah Lebar, sebanyak 8 (66.7%) tidak menyusui neonatus nya setelah melahirkan melainkan mereka memberikan makanan prelakteal seperti susu formula, air putih, dan madu sebelum ASI keluar dan sebanyak 4 (33.3%) orang memberikan ASI kepada neonatussegera setelah melahirkan. Data di atas kalau dipresentasikan sebanyak 66.7% ibu memberikan makanan prelakteal dan sebanyak 33.3% ibu tidak memberikan makanan prelakteal. Ini menunjukkan bahwa presentase pemberian makanan prelakteal masih cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan diketahuinya hubungan pendidikan dan paritas ibu dengan pemberian makanan Prelakteal pada neonatus di wilayah kerja Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu tahun 2011.
Desain penelitian bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai neonatus di wilayah kerja Puskesmas Sawah Lebar tahun 2011 yang berjumlah 577 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 10% dari keseluruhan populasi yang berjumlah 58 orang ibu yang mempunyai neonatus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian kecil (22,4%) responden berpendidikan rendah, hampir seluruh (87.9%) responden paritas Primipara dan Grande Multi, hampir seluruh (77.6%) responden diberi makanan prelakteal, ada hubungan pendidikan ibu dengan pemberian makanan prelakteal pada Neonatus dan tidak ada Paritas ibu dengan pemberian prelakteal pada neonatus.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman atau acuan petugas kesehatan khususnya petugas Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pelayanan persalinan
Kata Kunci: Pendidikan, Paritas, Prelakteal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.