HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN CAKUPAN PEMBERIAN VITAMIN A DOSIS TINGGI PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS

ABSTRAK
Cakupan pemberian vitamin A tertinggi di Puskesmas Betungan dan yang terendah di Puskesmas Ratu Agung. Data Puskesmas Ratu Agung tahun 2009 dari jumlah balita sebanyak 1.629 orang, hanya 636 (39.04%) orang yang mendapatkan Vitamin A. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan  tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu dengan pemberian Vitamin A dosis tinggi pada balita di wilayah Puskesmas Ratu Agung Kota Bengkulu tahun 2010. 
Jenis penelitian deskriptif analitik dengan cross sectional. Populasi penelitian ini balita di Wilayah Puskesmas Ratu Agung Oktober sampai dengan Desember Tahun 2009 yang berjumlah 407 orang. Sampel sebesar 73 orang diambil secara accidental sampling. Analisis data yaitu analisis univariat untuk mendistribusikan masing-masing variabel dan bivariat untuk melihat hubungan kedua variabel dengan menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan ibu dengan pemberian Vitamin A Dosis Tinggi dengan nilai p 0,02 dan terdapathubungan yang bermakna antara dan pengetahuan ibu dengan pemberian Vitamin A Dosis Tinggi dengan nilai p 0,04. 
Hasil penelitian dapat simpulkan ada hubungan yang bermanakna antara tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu dengan pemberian Vitamin A Dosis Tinggi.

Kata Kunci: Pendidikan, Pengetahuan, Vitamin A Dosis Tinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.