KEPUASAN KERJA KARYAWAN BANK DANAMON SIMPAN PINJAM

JOB SATISFACTION OF BANK EMPLOYEES 
SAVINGS AND LOANS       
      
ABSTRACT
This study aims to determine job satisfaction of employees of Bank Danamon Savings and Loans Unit Bengkulu Panorama seen from the work is mentally challenging, the rewards are decent, supportive working conditions, co-workers who support, personality and suitability to the job. This research is descriptive. The population in this study were all employees of Bank Danamon Savings and Loans Unit Bengkulu Panorama numbering 34 people use the census method. Descriptive analysis done to see the picture of the job satisfaction of employees of Bank Danamon Savings and Loans Unit Panorama Bengkulu. Then the interview data were analyzed using data analysis are: data reduction, data display, and conclusion Data drawing/verification. The results showed the level of job satisfaction of employees of Bank Danamon Savings and Loans Unit Bengkulu Panorama mentally reviewed the work is good, in terms of rewards are well worth category, in terms of working conditions that support good and colleagues reviewed the condition of that support has been good as well as reviewed personality fit with the job is good. Leaders can provide a correction to the work done when there is not yet fit and leadership can provide the freedom to do the job without any intervention, the leadership can maintain and increase again wage in accordance with the employee’s job. Leaders can maintain safe working conditions are so employees do not get interruptions from outside parties in completing the work. Leaders should seek a new location is not located close to the market so as to reduce the noise level, so employees can focus and work well. Employees should be friendly because of the work they do relate directly to the public in providing superior service and to continue to be providing feedback on each of the jobs the employee.
Keywords:  Job Satisfaction
  
RINGKASAN
Kepuasan kerja adalah sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan antara jumlah penghargaan yang diterima pekerja dan jumlah yang mereka yakini seharusnya mereka terima. Salah satu penentu kepuasan kerja pegawai adalah faktor pekerjaan itu sendiri. Pegawai yang menganggap pekerjaannya membosankan, kurang menantang dan tidak membantu dirinya berkembang, tidak akan dapat berkonsentrasi penuh dalam bekerja sehingga apa yang mereka hasilkan menjadi tidak maksimal. Sebaliknya pegawai yang merasa pekerjaannya menantang, berguna bagi orang banyak, dan membantu mereka dalam berkembang akan secara maksimal melakukan pekerjaannya.
Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini: Bagaimanakah kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu ditinjau dari kerja secara mental menantang, ganjaran yang pantas, kondisi kerja yang mendukung, rekan kerja yang mendukung, dan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan.  Sesuai dengan masalah penelitian, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini: Mengetahui kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu ditinjau dari kerja secara mental menantang, ganjaran yang pantas, kondisi kerja yang mendukung, rekan kerja yang mendukung, dan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu yang berjumlah 34 orang diambil dengan metode sensus. Kemudian untuk memperjelas informasi mengenai kepuasan kerja peneliti melakukan wawancara kepada 8 orang karyawan.
Sebelum dilakukan analisis deskriptif data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan langkah-langkah sebagai berikut: Editing, merupakan pengecekan kembali apakah isian pada kuesioner tentang kepuasan kerja sudah lengkap sehingga dapat diproses lebih lanjut,  Coding, merupakan kegiatan merubah data berbentuk huruf menjadi data bilangan dengan memberikan kode-kode dalam bentuk skor pada kuesioner tentang kepuasan kerja, Entry, data yang telah didapat dari kuesioner tentang kepuasan kerja kemudian dikelompokkan berdasarkan kebutuhan peneliti dan dimasukan kedalam komputer, dan cleaning, sebelum melakukan analisis, data yang sudah dimasukan ke dalam  komputer atau program SPSS dilakukan pengecekan kembali untuk melihat kelengkapan data yang dimasukkan. Analisis data yang dugunakan adalah analisis deskriptif dan analisis data kualitatif yaitu: Data reduction, Data display, dan Data conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu mengalami kerja secara mental menantang dengan katagori tinggi, ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan sudah baik, berarti karyawan sudah merasa puas. Penelitian juga menunjukkan ganjaran yang pantas dengan katagori tinggi. Ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan sudah baik, berarti karyawan Bank Danamon Unit Simpan Pinjam Panorama Bengkulu sudah merasa puas. Demikian pula dengan kondisi kerja yang mendukung katagori tinggi. Ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu sudah baik, dalam arti karyawan sudah merasa puas.  Dilihat dari kondisi rekan kerja yang mendukung dengan katagori tinggi. Maka dapat disimpulkan kepuasan kerja karyawan Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Panorama Bengkulu sudah merasa puas sedangkan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan katagori tinggi. Maka dapat dikatakan bahwa kepuasan kerja karyawan sudah baik, berarti karyawan Bank Danamon Unit Simpan Pinjam Panorama Bengkulu sudah merasa puas.
Kepuasan kerja ditinjau pekerjaan yang secara mental menantang, hendaknya pimpinan dapat terus memberikan kebebasan kepada karyawan dalam melakukan pekerjaan tanpa adanya tekanan, sehingga pekerjaan yang dilakukan karyawan dapat lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Kepuasan kerja ditinjau Ganjaran yang pantas pimpinan dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi upah sesuai dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang dilakukan karyawan, sehingga karyawan dapat puas dalam melaksanakan pekerjaan.
Kepuasan kerja ditinjau kondisi kerja yang mendukung, hendaknya pimpinan dapat lokasi baru yang lokasi tidak terlalu dekat dengan Pasar sehingga dapat mengurangi tingkat kebisingan, agar karyawan dapat fokus dan bekerja dengan baik. Kepuasan kerja ditinjau rekan kerja yang mendukung, hendaknya atasan dapat memberikan umpan balik pada setiap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan karyawan,  dengan adanya umpan balik dari atasan terhadap pekerjaan yang dilakukan karyawan, maka karyawan merasa adanya bimbingan dari atas dari pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari, sehingga karyawan merasa diperhatikan dan merasa puas dalam melaksanakan pekerjaannya. Kepuasan kerja ditinjau dari kesesuaian keperibadian dengan pekerjaan Pimpinan hendaknya dapat menempatkan karyawan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki atau basic pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan mereka.
 Kata Kunci: Kepuasan Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.