Analisis Penyebab Kematian Perinatal di Wilayah Kerja Puskesmas

ABSTRAK

Hasil wawancara dengan Bidan di Puskesmas  Sukamerindu kota Bengkulu mengatakan pada tahun 2009 jumlah kematian bayi sebanyak 8 orang. Angka kematian perinatal di Puskesmas Sukamerindu tertinggi di kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor Ibu dan faktor bayi penyebab kematian Perinatal di wilayah kerja Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu.
Jenis penelitian kualitatif. Teknik sampel snowball sampling. Informan penelitian Kepala UPTD Puskesmas Sukamerindu, Bidan KIA, Bidan wilayah Kelurahan Sukamerindu, Kelurahan Kampung Kelawi, dan Kelurahan Surabaya serta ibu mengalami kematian perinatal. Teknis analisis data dalam penelitian ini data reduction, data display dan data conclusion drawing/verification. Teknik Keabsahan Data menggunakan Triangulasi Sumber, Teknik dan Waktu.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan ibu yang mengalami kematian perinatal adalah ibu dengan berpendidikan dan status ekonominya rendah. Ibu mengalami kematian bayi ditemukan usia ibu 15, 21 tahun 26 tahun, 28, usia 31 tahun, ibu yang mengalami kematian perinatal tidak ditemukan kematian perinatal disebabkan paritas ibu, dan tidak ditemukan ibu yang hamil tanpa pengawasan, dikarenakan ibu melakukan pemerikasaan kehamilanya ke Bidan, Puskesmas dan Posyandu serta ibu yang mengalami kematian perinatal akibat komplikasi kehamilan hipertensi sebanyak 1 orang ibu.
Bagi ibu hamil dan melahirkan dapat lebih memahami dan memantau terus pertumbuhan dan perkembangan janinnya kepada tenaga kesehatan, bagi petugas Puskesmas Sukamerindu, khusus Bidan untuk dapat lebih meningkat penyuluhan, kunjungan rumah dan bagi pemerintah kota Bengkulu diharapkan dapat memperhatikan kondisi masyarakat yang belum sejahtera dengan memberikan pelatihan atau keterampilan yang menjadikan mereka dapat berusaha lebih mandiri.
Kata Kunci: kematian, perinatal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.