ANALISIS PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM KESIAPSIAGAAN PENANGANAN BENCANA ALAM DI KABUPATEN

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam di Kabupaten Seluma dalam menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana, menyusun dan menetapkan prosedur tetap penanganan bencana, dan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam di Kabupaten Seluma dalam mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Seluma sebanyak 4 orang dan 1 orang tokoh masyarakat. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dalam penelitian Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPBD Kabupaten Seluma sudah melaksanakan perannya dalam hal menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana di Kabupaten Seluma. Namun dalam pelaksanaannya belum merata karena tidak semua desa mendapatkan informasi peta rawan bencana, BPBD Kabupaten Seluma sudah memiliki prosedur yang jelas atau sudah memiliki aturan yang dalam hal menghadapi bencana dilapangan yang tertera di buku petunjuk dalam menghadapi bencana yang terjadi, dan BPBD Kabupaten Seluma dalam mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang saat terjadi bencana sudah dilakukan dan sudah didistribusikan dengan melakukan koordinasi dengan UPTD Kabupaten Seluma dan masyarakat setemapat. Namun dalam pelaksanaan pendistribusian masih sering ditemukan masyarakat yang kurang memahami peran atau tugas BPBD Kabupaten Seluma yaitu masyarakat sering menyalahkan petugas dan menggangap petugas lambat dan tidak merata dalam hal pendistribusian bantuan kepada masyarakat apabila terjadi bencana.

Kata Kunci: Peran BPBD, Kesiapsigaan, Penanganan Bencana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.