STUDI TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PROVINSI BENGKULU: IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR NO 14 TAHUN 2013 DI DINAS KESEHATAN

RINGKASAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu terhadap Implementasi Peraturan Gubernur No 14 Tahun 2013 di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, untuk mengetahui Persepsi Masyarakat terhadap Implementasi Peraturan Gubernur No 14 Tahun 2013 di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, dan Untuk menganalisis Implementasi Peraturan Gubernur No 14 Tahun 2013 di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Populasi penelitian seluruh pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang berjumlah 213 orang. Sampel diambil 107 responden dan sampel masyarakat diambil sebanyak 107 orang dari masing masing bidang. Kemudian Informan untuk wawancara sebanyak 7 orang diambil 1 orang dari masing-masing bagian dan bidang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisi kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan Persepsi Pegawai terhadap Atribut Kepangkatan Pakaian Dinas Perlindungan Masyarakat rata-rata 3.04. artinya cukup disiplin dan Persepsi Pegawai terhadap Atribut Kepangkatan Pakaian Dinas Pakaian Dinas Warna Khaki (Kuning Tua) rata-rata 3.00. artinya persepsi Persepsi cukup disiplin dan Persepsi masyarakat terhadap Atribut Kepangkatan Pakaian Dinas Perlindungan Masyarakat rata-rata 2.04. artinya tidak disiplin dan Persepsi masyarakat Terhadap Atribut Kepangkatan Pakaian Dinas Pakaian Dinas Warna Khaki (Kuning Tua) rata-rata 1.88. artinya tidak disiplin serta Implementasi penerapan Disiplin Pegawai Dalam Penggunaan Atribut Kepangkatan pakaian dinas Perlindungan Masyarakat dan Pakaian Dinas Warana Khaki sesuai dengan Peraturan Gubernur No 14 tahun 2013 tentang pakaian dinas dan atribut pegawai negeri sipil di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dalam pelaksanaannya selama ini belum optimal. Ini dikarenakan masih banyak staf atau pegawai yang tidak mematuhi penggunaan atribut pakaian dinas tersebut, seperti pegawai tidak menggunakan Papan Nama, Nama/ID Card, Tanda Pangkat, Name Tag, dan Ikat Pinggang, Lencana Korpri.

Kata Kunci:  Disiplin Pegawai, Atribut Kepangkatan, Pakaian Dinas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.