Ambiguitas Peran – Role Ambiguity

Ambiguitas Peran (Role Ambiguity) merupakan harapan yang tidak jelas tentang perilaku yang harus dilakukan oleh individu yang mengisi posisi khusus dalam kelompok. Karena peran sering muncul seperti anggota kelompok yang berinteraksi satu sama lain dari waktu ke waktu, tanggung jawab dan harapan dari peran-peran khusus kadang kala tidak terdefinisikan (House Schuler, & Levanoni, 1983:336 dalam Amaliah, 2007:5).

Ambiguitas atau kekaburan peran adalah suatu kesenjangan antara jumlah informasi yang dimiliki seseorang dengan yang dibutuhkannya untuk dapat melaksanakan perannya dengan tepat. Sebagaimana diungkapkan berikut;

Role ambiguity is the deegre to whict clear information is lacking regarding the expectations associated with a role, methods for fulfilling known role expectation, or the consequences of role performance. In the other words, role ambiguity is the discrepancy between the amount of information people have and he amount they need in order to perform their role adequately (Brief et.al dalam Churiyah, 2010:1).

Menurut Robbins (2001:325) menyatakan bahwa ambiguitas peran muncul ketika peran yang diharapkan (role expectation) tidak secara jelas dimengerti dan seseorang tidak yakin pada apa yang dilakukan. Menurut Kreitner (2004), “Role ambiguity is others’ expectations are unknown”. Ambiguitas peran terjadi ketika seseorang tidak mengetahui akan harapan pada peran mereka.

Barron dan Greenberg dalam Churiyah (2010:2) mengatakan bahwa ambiguitas peran dapat terjadi ketika individu mengalami ketidakpastian mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaannya seperti: mengenai lingkup tanggung jawabnya, apa yang diharapkan darinya, dan bagaimana mengerjakan pekerjaan yang beragam. Ambiguitas sering tidak disukai dan cukup mengakibatkan tekanan bagi banyak orang akan tetapi hal ini seringkali pula tidak dapat dihindari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.