Kinerja

Perbincangan mengenai kinerja sebagai salah satu kajian dalam ilmu bidang manajemen baru di mulai pada akhir tahun 1980-an. Dalam perkembangannya kajian itu terus berlanjut. Berdasarkan The New Oxford Dictionary Of English (2000) secara umum kmendefenisikan kinerja atau performance sebagai the anction of process of carrying out or accomplishing an action task, or function. Tindakan atau proses melaksanakan atau menyelesaikan suatu pekerjaan/tugas atau fungsi. Lebih rinci didefinisikan pula performance itu sebagai and action task, or operation, seen in terms of how succesfilly it was ferformed. Artinya tindakan dalam tugas atau operasi yang dilihat dari sebeberapa berhasil hal itu dilakukan.

Kinerja berasal dari kata performance. Ada pula yang memberikan pengertian performance sebagai hasil kerja atau prestasi kerja, namun kinerja mempunyai makna yang lebih luas, bukan hanya hasil kerja termasuk bagaimana proses pekerjaan berlangsung. Kinerja adalah hasil dari aplikasi kombinasi antara sustaining dan accelerating leadership behavior (Wibowo, 2009).

Pendapat lain juga dikemukakan oleh Simamora (1995) yang menyebutkan kinerja sebagai suatu keadaan atau tingkah laku seseorang yang harus dicapai dengan persyaratan tertentu. Sedangkan Soeprihatno (1996) mengatakan kinerja merupakan hasil kerja seseorang pegawai dalam suatu periode tertentu dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, misalnya standar target/tujuan atau kriiteria yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Keberhasilan seseorang, kelompok, dan organisasi dalam mencapai sasaran atau target yang telah ditetapkan merupakan kinerja yang telah dilakukan oleh individu, kelompok, dan organisasi tersebut. Landy dan Faar (1998) berpendapat ”a work performance or criterion construct can be thought of as attribute or characteristics employees, not directly observable, that is inferred from observable, that is inferred from observable job behavior in one situation or occasion and that underlies performance in other situations”.

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam kemampuan melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan oleh atasan kepadanya. Selain itu, kinerja juga dapat diartikan sebagai suatu hasil dan usaha seseorang yang dicapai dengan adanya kemampuan dan perbuatan dalam situasi tertentu (Mangkunegara, 2000).

Menurut Wibowo, (2009) kinerja merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat  dengan tujuan  strategis organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi ekonomi. Sedangkan Simamora (1995) menyatakan kinerja sebagai sejauh mana pegawai mencapai syarat-syarat tertentu.

Kinerja dapat merupakan penampilan individu maupun kelompok kerja personil. Penampilan hasil kerja tidak terbatas kepada personil yang memangku jabatan fungsional maupun struktural di dalam organisasi (Ilyas, 2001). Lebih lanjut Mursi (1998) Kinerja adalah suatu yang dicapai, prestasi kemampuan kerja. Kinerja individu tergantung pada faktor yakni: faktor internal terdiri dari masa kerja, keahlian, kemampuan dan kemauan, dan faktor eksternal yang terdiri dari fasilitas kerja dan kondisi kerja.

Menurut Mangkunegara (2000) kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan, program, dan kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi organisasi. Menurut Hariman dan Hilgert (1992) mengemukakan bahwa kinerja merupakan perwujudan kerja yang dilakukan oleh pegawai yang biasanya dipakai sebagai alasan penilaian terhadap pegawai. Kinerja yang baik merupakan suatu langkah untuk mencapai tujuan organisasi.

Keban (1995) menyebutkan bahwa kinerja (performance) didefinisikan sebagai tingkat pencapaian hasil atau “the degree of accomplishment“ atau kinerja merupakan tingkat pencapaian tujuan organisasi secara berkesinambungan. Kinerja adalah  penampilan cara-cara  untuk menghasilkan sesuatu  hasil  yang  diperoleh dengan aktivitas  yang  dicapai  dengan  suatu unjuk kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.