Spesifikasi Jabatan

Husna Suad & Heiddjrachman (1997) menyatakan spesifikasi jabatan merupakan salah satu kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia yang ditempuh perusahaan dalam rangka menempatkan karyawan sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya untuk melaksanakan pekerjaan dan menduduki suatu jabatan tertentu. Dengan spesifikasi jabatan yang baik maka diharapkan karyawan akan dapat bekerja secara produktif atau memiliki efektivitas kerja. Lebih lanjut, menurut Nitisemito (1992) spesifikasi jabatan merupakan informasi tentang syarat-syarat yang diperlukan bagi setiap karyawan agar dapat memangku suatu jabatan dengan baik.

Spesifikasi jabatan adalah suatu pernyataan dari karakteristik karyawan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas yang ditentukan dalam suatu deskripsi kerja (Jewell dan Siegall, 1998).

Menurut Moekijat (2002) spesifikasi jabatan (job specification) adalah suatu catatan mengenai syarat-syarat orang yang minimum yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu jabatan dengan baik. Spesifikasi jabatan adalah catatan tentang kualitas minimal yang diperlukan oleh karyawan memangku atau mengerjakan sesuatu pekerjaan tertentu (Notoatmodjo: 2003) sehingga kegunaan spesifikasi jabatan adalah sebagai dasar pencarian calon karyawan (penarikan, penempatan, pemindahan dan kenaikan jabatan) (Moekijat: 2002).

Dengan adanya spesifikasi jabatan yang tegas dan jelas kita akan memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan syarat jabatan yang akan diisi, dimana syarat jabatan yang akan diisi tersebut telah tercantum dengan jelas dalam deskripsi jabatan tentang: fungsi, tugas atau kewajiban, wewenang dan tanggungjawab. Bila hal tersebut dijalankan dengan baik akan dapat meningkatkan ketertiban kerja. Sehingga nasing-masing karyawan dapat mengetahui fungsi dan tugasnya. Dengan demikian diharapkan mereka dapat bekerja dengan baik sesuai dengan deskripsi jabatannya (Goujazi: 1996).

Flippo dalam Moekijat (2002) menyatakan spesifikasi jabatan adalah suatu keterangan tentang kecakapan-kecakapan manusia minimum yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu jabatan dengan baik. Bellows dalam Moekijat (2002) menyatakan spesifikasi jabatan adalah suatu catatan tertulis mengenai syarat-syarat atau standar-standar penyewaan minimum yang harus dipenuhi oleh seorang pelamar untuk suatu jabatan tertentu.

Spesifikasi jabatan menurut Mangkunegara (2004) adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan, agar ia dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik. Spesifikasi jabatan ini dapat disusun secara bersama-sama dengan uraian jabatan, tetapi dapat juga di susun secara terpisah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.