Work Performance – Prestasi Kerja

Tentang istilah prestasi kerja sebagaimana yang dikemukakan pada penulisan ini, jika diuraikan pengertiannya satu-persatu yaitu terdiri dari kata prestasi dan kerja. Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989:230) arti kata prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari sesuatu yang telah dilakukan. Sedangkan arti kata “kerja” menurut Sianipar (1998:3) adalah: “suatu aktivitas yang dilakukan seseorang yang diharapkan dapat memberikan suatu manfaat, nilai tertentu yang lebih baik, lebih memuaskan kehidupannya dari pada keadaan sebelumnya.

Terdapat banyak pendapat dari para ahli Administrasi tentang pengertian dari prestasi kerja. diantaranya menurut Siagian (1995:27) menjelaskan: “Prestasi kerja sebagai suatu cara atau metode kerja yang dilakukan  setiap pekerja dengan menggunakan sumber daya yang terbatas untuk mencapai suatu sasaran  yang ingin dicapai dengan hasil nyata yang dicapai setelah pekerjaan tersebut selesai dikerjakan”.

Menurut  Siswanto (2002) prestasi kerja adalah kinerja yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diberikan kepadanya pada umumnya kerja seseorang dipengaruhi oleh kecakapan keterampilan, pengalaman dan kesungguhan yang bersangkutan. Menurut Hasibuan (1996) prestasi kerja adalah hasil kerja yang diperoleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya. Dalam hal menilai prestasi kerja, seorang pemimpin harus objektif dan adil kerena seorang pegawai dinilai berdasarkan kesibukan yang terlihat atau yang nampak dan bukan berdasarkan hasil nyata yang dicapai dapat menimbulkan frustasi bagi pegawai yang mampu dan yang beritikad baik dalam melaksanakan tugasnya, sehingga mengkibatkan kemunduran produktivitas kerja.

Menurut Darma (1995) prestasi kerja adalah sesuatu yang dikerjakan atau produk/jasa yang dihasilkan atau diberikan oleh seseorang atau sekelompok orang. Menurut As,ad (1997) prestasi kerja disebut dengan “Job performance”. Job performance diberi batasan sebagai kesuksesan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan.

Sementara Hasibuan (1996:105) menerangkan bahwa : Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan keunggulan serta waktu”. Selanjutnya menurut Siswanto (1993:194) prestasi kerja: “adalah hasil kerja yang dicapai oleh seorang tenaga kerja dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang dibebankan”.

Diterbitkan oleh Hadi Saputra, SKM., M.Si.

Hadi Saputra, SKM, M.Si anak dari Alm Subhan Rubama dan Azizah mempunyai seorang istri bernama Harpi Nusanti, SKM dan Empat orang anak perempuan yang bernama Lubna Afiyah, Mazaya Afifah, Alilah Afiqah, dan Alayyah Afinah Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik S2 Ilmu Administrasi Universitas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: