Konsep Teori Tentang Pengetahuan

1.Pengertian Pengetahuan

Pengetahuan merupakan segenap apa yang kita ketahui tentang objek tertentu, merupakan khazanah kekayaan mental yang secara langsung atau tidak langsung turut memperkaya kehidupan, ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang diketahui oleh manusia disamping pengetahuan lain seperti seni dan agama (Suria Sumantri, 1984).

Pengetahuan adalah merupakan hasil “tahu” terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia, yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengalaman manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang (Soekidjo Notoadmojo,1997).

Lebih lanjut Soekidjo Notoatmodjo (1997), mengatakan bahwa pengetahuan yang dimiliki seseorang akan menimbulkan respon batin dalam bentuk sikap terhadap objek yang diketahui sehingga menimbulkan respon berupa tindakan perawatan penyakit Gastroenteritis

2.Tingkat Pengetahuan

Soekidjo Notoadmojo ( 1993 ) membedakan tingkat pengetahuan di dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan yaitu :

  • Tahu (Know)

Diartikan sebagai mengingat suatu materi yang dipelajari sebelumnya, termasuk kedalam pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali (recall), terhadap suatu yang spesifik dari seluruh badan dipelajari atau rangsangan yang telah diterima. Tahu merupakan tingkatan pengetahuan yang paling rendah kata kerja untuk mengukurnya antara lain menyebutkan, menguraikan, mengidentifikasi, menyatakan dan sebagainya.

  • Memahami ( Comprehension )

Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui dan dapat menginterprestasikan materi tersebut secara benar. Orang yang telah paham terhadap obyek atau materi harus dapat menjelaskan, menyebutkan contoh,menyimpulkan, meramalkan dan sebagainya.

  • Aplikasi (Application )

Aplikasi diartikan sebagai suatu kemampuan menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi sebenarnya.

  • Analisis ( Analysis )

Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan materi atau suatu objek kedalam komponen-komponen, tetapi masih dalam suatu struktur organisasi tersebut, dan masih ada kaitannya satu sama lain.

  • Sintesis ( synthesis )

Suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru. Dengan kata lain sintesis adalah suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasi-formulasi yang ada.

  • Evaluasi ( Evaluation )

Evaluasi berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau obyek. Penilaian-penilaian ini didasarkan suatu kriteria yang telah ada.

3.Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan menurut Soekidjo Notoadmojo (1993), pengetahuan dalam masyarakat dipengaruhi beberapa faktor antara lain : sosial ekonomi, kultur ( budaya, agama ), pendidikan, dan pengalaman.

  1. Sosial ekonomi yaitu lingkungan sosial akan mendukung tingginya pengetahuan seseorang, ekonomi sedang, ekonomi baik, tingkat pendidikan tinggi, tingkat pengetahuan akan tinggi juga.
  2. Kultur, budaya sangat berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan seseorang, karena informasi-informasi yang baru akan disaring kira-kira sesuai tidak dengan budaya yang ada dan agama yang dianut.
  3. Pendidikan, yaitu semakin tinggi pendidikan maka ia akan mudah menerima hal-hal baru dan mudah menyesuaikan dengan hal yang baru tersebut.
  4. Pengalaman, pengalaman disini berkaitan dengan umur dan pendidikan individu, maksudnya pendidikan yang tinggi pengalaman akan lebih luas, sedang umur semakin tua umur seseorang pengalaman akan semakin banyak.

4.Unsur-unsur Pengetahuan

Menurut Langeveld dan Achmad dalam Soekidjo Notoadmojo (1994), ada 3 macam unsur pengetahuan yaitu :

  • Pengamatan (Mencamkan) yaitu penggunaan indera lahir atau batin untuk menangkap objek.
  • Sasaran (Objek) yaitu sesuatu yang menjadi bahan pengamatan.
  • Kesadaran (Jiwa) yaitu salah satu dari alam yang ada pada diri manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.