Teknik Pengolahan dan Analisis

Teknik Pengolahan Data

Data yang diperoleh diolah secara manual yaitu :

  • Pemeriksaan (Editing)

Dalam persiapan ini penelitian pemeriksaan kembali kelengkapan data yang diperoleh kemudian untuk memudahkan pengecekan kelengkapan data yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian yang dilakukan pengelompokkan dan penyusunan data. Data yang dikelompokkan berdasarkan pertimbangan peneliti sendiri dengan maksud untuk memudahkan pengolahan data.

  • Pengkodean (Coding)

Merupakan kegiatan merubah data berbentuk huruf menjadi data /bilangan dengan memberikan kode-kode setiap variabel dengan maksud untuk mempermudah pengolahan data.

  • Memproses data (Processing)

Setelah jawaban kuesioner telah diperiksa dan telah melewati pengkodean langkah selanjutnya adalah memproses data agar dapat dianalisis dengan cara memasukkan data kuesioner ke komputer.

  • Pembersian data (Cleaning)

Merupakan kegiatan mengecek kembali data yang sudah diproses apakah ada kesalahan atau tidak ada masing-masing variabel yang sudah diproses sehingga dapat diperbaiki dan dinilai (Hastono, 2001).

Analisis Data

Analisis yang dilakukan adalah analisis univariat dengan maksud untuk menggambarkan distribusi frekuensi dari masing-masing variabel yang diteliti (Hastono, 2001).

Dalam penelitian ini setelah kuesioner dikumpulkan, maka data kuesioner tersebut dilakukan perekapan dan pengkodean. Kemudian peneliti menyajikan data tersebut kedalam pembahasan dalam bentuk distrubusi frekuensi, sehingga diketahui frekuensi dan persentase upaya pencegahan dan prosedur pemasangan kateter di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Analisis data univariat dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0.

   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.