Vibrasi

Vibrasi adalah tehnik memberikan kompresi dan getaran manual pada dinding dada selama fase ekshalasi pernafasan. Manuver ini membantu untuk meningkatkan velositas udara yang diekspresikan dari jalan nafas yang kecil, dengan demikian membebaskan mukus. Setelah tiga atau empat kali vibrasi pasien didorong untuk batuk, dengan menggunakan abdomen (Mengkontraksi otot-otot abdomen meningkatkan keefektifan batuk).

Program batuk dan pembersihan sputum yang dijadwalkan, bersama dengan hidrasi, akan mengurangi sputum pada banyak pasien. Jumlah siklus perkusi dan vibrasi diulang tergantung pada toleransi dan respons klinik pasien. Bunyi napas dievaluasi sebelum dan sesudah prosedur.

Intervensi Keperawatan. Ketika melakukan fisioterapi dada, penting artinya untuk memastikan bahwa pasien telah nyaman, pasien tidak mengenakan pakaian yang ketat, dan pasien tidak baru saja makan. Area yang paling atas dari paru ditangani pertama kali. Medikasi diberikan untuk meredakan nyeri, sesuai ketentuan, sebelum perkusi dan vibrasi; insisi dibebat; dan bantal digunakan untuk menyangga sesuai kebutuhan. Posisi beragam, tetapi fokus ditekankan pada area yang termaksud. Setelah menyelesaikan tindakan, pasien dibantu untuk mengambil posisi yang nyaman.

Tindakan dihentikan jika terjadi gejala-gejala merugikan: nyeri meningkat, napas pendek meningkat, kelemahan, kepala pening, atau hemoptisis. Terapi diindikasikan sampai pasien mempunyai pernapasan normal, dapat memobilisasi sekresi, dan mempunyai bunyi napas yang normal, dan bila gambaran roentgen dada normal (Brunner dan Suddarth, 2001).

Vibrasi dilakukan sebagai pengganti perkusi bila dada nyeri sekali. (Hudak dan Gallo, 1996).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.