Peran Perawat

Perawat adalah suatu anggota tim kesehatan yang bekerja dengan anak dan orang tua. Beberapa peran penting seorang perawat anak yaitu sebagai pembela (advocacy), pendidik, konselor, koordinator, pembuat keputusan etik, perencana kesehatan, pembina hubungan terapeutik, pemantau, evaluator dan peneliti. Perawat dituntut sebagai pembela bagi anak atau keluarganya pada saat mereka membutuhkan pertolongan, tidak dapat mengambil keputusan atau menentukan pilihan, dan menyakinkan keluarga untuk menydari pelayanan yang tersedia, pengobatan, dan prosedur yang akan dilakukan dengan cara melibatkan keluarga. Peran perawat sebagai baik secara langsung dengan memberikan penyuluhan atau pendidikan kesehatan  pada orang tua anak maupun secara tidak langsung dengan menolong orang tua atau anak memahami pengobatan dan perawatan anaknya (Supartini, 2004:13).

Menurut Potter dan Perry (2005:331) komunikasi perawat dengan anak sangat dibutuhkan. Anak-anak terutama yang masih kecil, umumnya responsif terhadap pesan nonverbal. Gerakan yang tiba-tiba atau yang mengancam akan membuat mereka takut. Perawat memasuki ruang tes dengan senyum yang lebar dan gerakan tangan tertentu akan terbentuknya hubungan yang baik. Perawat harus tetap tenang dan anggun sangat membantu untuk membiarkan anak lebih dulu bertindak dalam hubungan interpersonal. Nada suara yang tenang, bersahabat dan yakin adalah yang terbaik. Ketikan diperlukan atau petunjuk, perawat menggunakan bahasa yang langsung dan sederhana. Perawat harus jujur kepada anak-anak dengan mengatakan bahwa prosedur yang menyakitkan akan membuta mereka marah. Untuk meminimalkan ketakutan atau kecemasan perawat harus selalu dengan mengatakan pada mereka apa yang terjadi (Poter dan Perru, 2005:331).Suatu hal yang menjadi perhatian perawat adalah bagaimana perilakunya dalam menghadapi anak. Perawat atau dokter anak datang kepada pasien (anak dan keluarganya) untuk melakukan asuhan keperawatan  harus dengan wajah tidak cemberut, lemah lembut dan menyapa dengan ramah. Karena tindakan perawat yang cemberut, masam dan tidak ada sapaan ramah sedikitpun akan membuat anak takut dan menangis atau malah tidak mau didekati. Anak akan merasa nyaman bila perawat datang dengan wajah manis, tersenyum, dan sapaannya kepada anak demikian menyenangkan, lemah lembut, sambil menawarkan mainan kecil yang menarik hati (Supartini, 2004:13).

Menurut Poter dan Perry (2005:286) peran dan funsi perawat anatara lain:

  1. Pemberi Perawatan

Sebagai pemberi asuhan keperawatan, perawat membantu klien mendapatkan kesehatannya melalui proses penyembuhan. Proses penyembuhan lebih dari sekedar sembuh dari penyakit tertentu, sekaliapun keterampilan tindakan yang meningkatkan kesehatan fisik merupakan hal yang penting bagi pemberi asuhan. Perwat memfokuskan asuhan pada kebutuhan kesehatan klien secara holistik, meliputi upaya mengembalikan kesehatan emosi spritual dan sosial. Pemberi asuhan memberikan asuhankepada klien dan menetapkan tujuan dan mencapai tujuan dengan menggunakan energi dan yang minimal.

  1. Pembuat Keputusan Klinis

Untuk memberikan perawatan yang efektif, perawat menggunakan keahliannya berfikir kritis melalui proses keperwatan. Sebelum mengambil tindakan keperawatan, baik dalam pengkajian kondisi klien, pemberi perawatan, dan mengevaluasi hasil, perawat menyusun tindakan dengan menetapkan pendekatan terbaik bagi tiap klien. Perwat membuat keputusan sendiri atau berkolaborai dengan klien dan keluarga. Dalam setiap situasi seperti ini perawat bekerja sama dan berkonsultasi dengan pemberi perawatan kesehatan profesional lainnya.

  1. Pelindung dan advokat klien

Sebagai pelindung, perawat menbantu mempertahankan lingkungan yang aman bagi klien dan mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan melindungi klien dari kemungkinan efek yang diinginkan dari suatau tindakan diagnostik atau pengobatan. Memastikan bahwa klien tidak memiliki alergi terhadap obat dan memberikan imunisasi melawan penyakit. Dalam menjalankan perannya sebagai advokat, perawat melindungi hak klien dalam menyatakan hak-haknya bila dibutuhkan.

  1. Manager

Perawat mengkordinasikan aktifitas anggota tim kesehatan lain, misalnya ahli gizi dan ahli terapi fisik, ketika mengatur waktu kerja dan sumber yang tersedia ditempat kerjanya. Berkembangnya model praktek memberikan perawat kesem[patan untuk membuat pilihan jalan karier yang ditempuhnya. Adanya berbagai tempat kerja, perawat dapat memilih antara peran sebagai manager asuhan keperwatan atau sebagai perawat asosia yang melaksanakan keputusan manager. Sebagai manager, perawat mengkoordinasikan dan mendelegasikan tanggung jawab asuhan dan mengawasi tenaga kesehatan lainya.

  1. Rehabilitator

Merupakan proses diman individu kembali ketingkat fungsi maksimal setelah sakit, kecelakaan atau kejadian yang menimbulkan ketidakberdayaan lainnya. Sering kali klien mengalami ganguan fisik dan emosi yang mengubah kehidupan meraka dan perawat membantu klien beradaptasi semaksimal mungkindengan keadaan tersebut.

  1. Pemberi Kenyamanan

Peran sebagai pemberi kenyamanan, merawat klien sebagai seorang manusia merupakan peran tradisional dan historis dalam keperwatan dan telah berkembang sebagai sutau peran yang penting dimana perawat melakukan peran baru. Karena asuhan keperawatan harus ditujukan kepada manusia secara utuh bukan sekedar fisiknya saja, maka memberkan kenyamanan dan dukungan emosi sering sekali memberikan kekuatan bagi klien untuk mencapai kesembuhannya. Selama melakukan tindakan keperawatan, perawat dapat memberikan kenyaman dengan mendemontrasikan perawatan kepada klien sebagai individu yang memiliki perasaan dan kebutuhan yang unik. Sebagai pemberi kenyamanan perawat sebaiknya membantu klien untuk mencapai tujuan yang terapeutik bukan memenuhi ketergantungan emosi dan fisiknya.

  1. Komunikator

Peran sebagai komunikator merupakan pusat dari seluruh peran perawat. Keperawatan mencakup komunikasi dan klien dan keluarga, antara sesama perawat dan profesi kesehatan lainnya. Memberikan perawatan yang efektif, pembuatan keputusan dengan klien dan keluarga, memberikan perlindungan dengan klien dari ancaman kesehatannya, mengkordinasi dan mengatur asuhan keperawatan, membantu klien dalam rehabilitasi, memberiakn kenyamanan atau mengajarkan suatu klien tidak mungkin dilakukan tanpa komunikasi yang  jelas.

  1. Penyuluhan

Sebagai penyuluh, perawat menjelaskan kepada klien konsep dan data-data tentang kesehatan, mendemontrasikan prosedur seperti aktifitas perwatan diri, menilai apakah klien memahami hal yang dijelaskan dan mengevaluasi kemajuan dalam pembelajaran. Beberapa topik mungkin dapat diajarkan secara informal misalnya pada saat perawat berespon terhadap pernyataan yang mengacu pada isu-isu kesehatan. Aktivitas pendidikan yang lain perlu direncanakan dan disusun secara formal misalnya ketika perawat mengajarkan cara menyuntik insulin secara mandiri pada klien diabetes. Perawat menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan klien dan melibatkan keluarga dalam pengajaran yang direncanakan.

  1. Peran Karier

Sejumlah peran dan fungsi dibebankan pada perawat diberbagai lingkungan kerja. Berkarier, merupakan kebalikan dari semuanya, diman perawat ditempatkan pada posisi jabatan tertentu. Karena kesempatan bekerja bagi perawat meningkat, perkembangan perawat sebagai profesi, meningkatnya perhatian dan keahlian dalam bekerja, maka profesi perawat menawarkan peran tambahan dan kesempatan berkarier.

  1. Perawat Pendidik

Peran pendidik bekerja terutama diskolah keperawatan, departemen pengembangan staf dari suatu lembaga perwatan kesehatan, dan departemen pendidikan klien. Perawat pendidik secara umum memiliki latar belakang pengalaman klinis yang memberikan mereka keahlian klinis dan pengetahuan teoritis. Seorang pendidik di fakultas keperwatan menyiapkan peserta didiknya sebagai perawat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.