Karakteristik Perawat

prt

Menurut Diana (2002) karakteristik individu yang memanfaatkan pelayanan kesehatan meliputi beberapa faktor yaitu:

  1. Umur

Umur atau usia adalah satuan waktu yang mengukur waktu keberadaan suatu benda atau makhluk, baik yang hidup maupun yang mati. Umur diukur sejak dia lahir hingga waktu umur itu dihitung. Oleh yang demikian, umur itu diukur dari lahir sehingga masa kini Hungu (2007). Kelompok umur produktif cenderung lebih banyak menuntut dan berharap banyak terhadap kemampuan pelayanan kesehatan dasar, dan cenderung mengkritik. Kelopok umur dibagi; Dewasa Muda 16   s/d 25 th, Dewasa Madya 26 s/d 50 th, dan Dewasa Lansia > 50 th  (Lumenta. B, 1989) dikutip oleh (Diana, 2002).

Perkembangan orang dewasa bahwa setengah bagian pertama ciri kehidupan orang dewasa muda adalah pencarian kopentensi diri, kebahagiaan dalam masa ini utamanya dicari melalui kinerja dan pencapaian kemampuan. Setengah bagian yang kedua begitu seorang menjadi semakin dewasa ia mulai mengukur waktu yang tersisa, kebutuhanya berubah menjadi integritas, nilai -nilai dan keberadaan diri (Martini,2007).

Secara fisiologi pertumbuhan dan perkembangan sesorang dapat digambarkan dengan pertambahan umur, peningkatan umur diharapkan terjadi pertambahan kemampuan motorik sesuai dengan tumbuh kembangnya. Akan tetapi pertumbuhan dan perkembangan seseorang pada titik tertentu akan terjadi kemunduran akibat faktor degeneratip. Menurut Susilo Sumarliyo bahwa usia lanjut umumnya lebih bertanggung jawab dan lebih teliti dibanding dengan usia muda, hai ini terjadi kemungkinan usia yang lebih muda kurang berpengalaman, berbeda dengan hasil (Martini, 2007).

  1. Jenis kelamin

Santrock (2003) mengemukakan bahwa istilah  gender  dan seks memiliki perbedaan dari segi dimensi. Isilah seks (jenis kelamin) mengacu pada dimensi biologis seorang laki-laki dan perempuan, sedangkan gender mengacu pada dimensi sosial-budaya seorang laki-laki dan perempuan. Selain itu, istilah gender merujuk pada karakteristik dan ciri-ciri sosial yang diasosiasikan pada laki-laki dan perempuan. Karakteristik dan ciri yang diasosiasikan tidak hanya didasarkan pada perbedaan biologis, melainkan juga pada interpretasi sosial dan kultural tentang apa artinya menjadi laki-laki atau perempuan. Pria lebih banyak menuntut dan berharap lebih banyak terhadap kemampuan pelayanan kesehatan dasar dan cenderung mengkritik daripada wanita. Terutama bagi pria yang bekerja dimana mendapat pengaruh dari lingkungan luar yang tidak pernah puas terhadap hal yang diterimanya.

  1. Pendidikan

Menurut Ahmadi (2002) Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan adalah suatu proses untuk memperoleh kemampuan untuk kebiasaan berfikir untuk suatu kegiatan yang intellegent atau ilmiah dalam memecahkan masalah di dalam kegiatan (Menurut Dewey, 2000). Kemahiran menyerap pengetahuan akan meningkat sesuai dengan meningkatnya pendidikan seseorang dan kemampuan ini berhubungan erat dengan sikap seseorang terhadap pengetahuan yang diserapnya (Lumenta. B, 1989) dikutip oleh (Diana, 2002).

Menurut Dewey (2000), pendidikan adalah suatu proses untuk memperoleh kemampuan untuk kebiasaan berfikir untuk suatu kegiatan yang intellegent atau ilmiah dalam memecahkan masalah di dalam kegiatan. Kemahiran menyerap pengetahuan akan meningkat sesuai dengan meningkatnya pendidikan seseorang dan kemampuan ini berhubungan erat dengan sikap seseorang terhadap pengetahuan yang diserapnya.

Seseorang dengan tingkat pendidikan tinggi cenderung lebih banyak menuntut terhadap pelayanan yang diterimanya, begitupula sebaliknya bila seorang yang tingkat pendidikan rendah cenderung akan lebih banyak menerima karena tidak tahu apa yang dibutuhkannya, asal sembuh sudah saja sudah cukup baginya. Katagori pendidikan di bagi:  SD, SMP, SMU, dan sarjana (Lumenta. B, 1989) dikutip oleh (Diana, 2002).

Pendidikan perawat adalah pendidikan formal yang terakhir yang ditamatkan dan mempunyai ijazah dengan klasifikasi tamat SPK, D3, S1, S2 yang dukur dengan dikelompokkan dan dipresentasikan dalam masing – masing klasifikasi (Depdikbud, 2005).

  1. Lama Kerja

Menurut Hungu (2007) pekerjaan dalam arti luas adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering dianggap sinonim dengan profesi. Pekerjaan yang dijalani seseorang dalam kurun waktu yang lama disebut sebagai karier. Seseorang mungkin bekerja pada beberapa perusahaan selama kariernya tapi tetap dengan pekerjaan yang sama.

Masa kerja biasanya dikaitkan dengan waktu mulai bekerja, dimana pengaiaman kerja juga ikut menentukan kinerja seseorang. Semakin lama masa kerja maka kecakapan akan lebih baik karena sudah menyesuaikan diri dengan pekerjaanya. Seseorang akan mencapai kepuasan tertentu bila sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Semakin lama karyawan bekeda mereka cenderung lebih teqnuaskan dengan pekerjaan mereka. Para seseorang yang relatip baru cenderung kurang terpuaskan karena berbagai pengharapan yarg lebih tinggi. Penelitian Eni Suhaeni tahun 2005 menyatakan semakin lama masa kerja bidan maka semakin banyak pengalaman yang dimiliki dalam memberikan pelayanan disbanding dengan bidan yang baru (Husein Umar daiam Martini, 2007).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.