Panjang dan Berat

Panjang

Panjang termasuk golongan besaran pokok. Panjang adalah ukuran dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi yaitu jarak vertikal, serta lebar yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda. Dalam ilmu fisika dan teknik kata panjang biasanya digunakan secara sinonim dengan kata “jarak” dengan symbol (l) atau (L) (singkatan dari bahasa inggris length). Satuan internasional dari panjang adalah meter.

            Alat ukur panjang yang lazim digunakan sehari-hari adalah mistar, rol meter pita meter), jangka sorong, dan mikrometer.

Berat

Berat dari suatu benda adalah gaya yang disebabkan oleh gravitasi berkaitan dengan berat benda tersebut. Berat benda dimana-mana adalah tetap dimana-mana, namun berat sebuah benda akan berubah-ubah sesuai dengan besarnya percepatan gravitasi di tempat tersebut.

Dalam penggunaan istilah secara modern, massa dan berat secara mendasar adalah dua kuantitas yang berbeda. Massa adalah suatu sifat intrinsik dari materi, sedangkan berat adalah suatu gaya yang merupakan hasil aksi gravitasi pada materi. Dalam penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari, kata “massa” tetap untuk menyebut “berat” suatu obyek, misalnya berat saya 45 kilogram walaupun diketahui bahwa kilogram adalah satuan massa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.