ANALYSIS OF HEALTH ORGANIZATION

ABSTRACT

This study aimed to determine and analyze the health of the organization at the Human Resources Personnel and Human Resource Development District Musi Rawas. This research is qualitative. The informants were 7 people consisting of 1 Head of Agency, 1 Secretary of the Board, 1 Head of Mutation and Kepangkatan, 1 Head of Sub Division of Mutation, 1 Head of Sub Division of Kepangkat and 2 staft taken by purposive sampling method. Data analysis through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion and verification. The result of the research shows that employee motivation of Personnel Agency and Human Resource Development of Musi Rawas Regency is good enough, equalization of duty on the staff of Human Resources Agency and Human Resource Development of Musi Rawas Regency not yet optimal, Emphasis of Duty on Personnel Staff and Human Resource Development of Musi Regency Rawas is good, and Innovation at Human Resources Agency and Human Resource Development organization of Musi Rawas Regency is good.

Keywords:  Organizational Health, Employee Motivation, Equalization of Duties, Emphasis of Duties, Integrity, Innovation.

 

ANALISIS KESEHATAN ORGANISASI 

ABSTRAK

Hasil observasi pra penelitian pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas memiliki kesadaran yang rendah untuk berbuat demi kemajuan organisasi, pegawai dalam menjalankan pekerjaan belum berorientasi pada perubahan yang baru untuk kemajuan organisasi, serta organisasi belum memberikan kenyamanan dan kesejahteraan bagi setiap anggotanya. Hal ini terbukti dari masih ada pegawai yang terlambat dalam menyelesaikan pekerjaan.  Fenomena di lapangan bahwa terlihat kondisi kesehatan organisasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas belum optimal, hal ini dikarenakan rasa kepedulian pegawai terhadap organisasi masih kurang, rasa memiliki yang kurang, dan pembagian kerja tidak merata antara pegawai yang satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesehatan organisasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas.

Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang banyak digunakan penelitian untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (natual setting), sehingga peneliti akan melakukan penelitian melalui fenomena apa adanya kepada subyek penelitian dalam hal  ini kesehatan organisasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas. Informan dalam penelitian ini adalah orang orang yang berkompeten yang mengetahui masalah yang diteliti. Oleh karena informan dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala Badan, 1 orang Sekretaris Badan, 1 orang Kepala Bidang Mutasi dan Kepangkatan, 1 orang Kepala Sub Bidang Mutasi, 1 orang Kepala Sub Bidang Kepangkatan dan 2 orang staft. Teknik pengambilan informan dalam penelitian menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dalam model ini terdiri dari empat komponen yang saling berinteraksi, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas sudah cukup baik dalam melaksanakan pekerjaan namun motivasi yang dimiliki pegawai tidak didukung kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan dikarenakan pegawai yang sudah dekat pension tidak memahami teknologi komputer, sehingga mereka selalu mengandalkan pegawai yang mengerti dan memahami mengoperasikan Komputer, Pemerataan tugas pada pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas belum optimal, dikarenakan masih ada pegawai yang santai sementara pegawai yang lian sibuk. Pegawai tidak punya dorongan atau tidak punya inisiatif dan harus dipanggil dan diberi instruksi untuk melaksanakan pekerjaan. Padahal setiap pegawai sudah memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing. Dalam hal ini, pembagian tugas ini memiliki kendala antara pegawai baru dengan pegawai yang sudah lama, dikarenakan pegawai yang lama yang tidak bisa mengoperasikan komputer tetapi memahami konsep, sedangkan pegawai yang baru memahami komputer, namun tidak mahir dalam konsep. Sementara itu wewenang dilihat dari tugas pokok dan fungsinya pejabat eselonnya sudah sesuai, tetapi untuk dilevel staf belum sesuai, Penekanan Tugas pada pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas sudah baik dikarenakan penekanan tugas-tugas yang dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan sebelumnya karena diawasi secara intensif, sehingga apa yang diharapkan dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan dan peneyelesaianya tepat waktu, seperti  berkala otomatis yang sesuai dengan target yang ditetapkan yaitu selesai bulan Oktober. Walau masih terdapat kendala yaitu belum terupdate semua data pegawai dikarenakan operator yang dimiliki hanya 1 (satu) orang, Integritas yang dimiliki pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas sudah baik dikarenakan pimpinan telah memiliki integritas yang baik dengan membuat terobasan yang inovatif dalam kenaikan berkala otomatis dan pegawai sudah responsif dan tanggap dalam memberikan pelayanan kepegawaian kepada pegawai yang datang ke BKPSDM, dan Inovasi pada Organisasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Musi Rawas sudah baik. Hal ini dikarenakan pimpinan selalu ingin menciptakan terobosan dalam melaksanakan pekrjaan, seperti kenaikan pangkat otomatis, berkala otomatis, tersedianya ruang konseling bagi pegawai. Selain itu juga sudah tersedia CCTV di BKPSDM untuk memantau aktivitas kegiatan dan pelayanan di BKPSDM Kabupaten Musi Rawas dan telah tercapainya target  sesuai dengan yang direncanakan.

Kata Kunci: Kesehatan Organisasi, Motivasi Pegawai, Pemerataan Tugas, Penekanan Tugas, Integritas, Inovasi.

File Lengkap

$20.00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.