ANALISIS PENGELOLAAN ASET TETAP

RINGKASAN

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena yang terjadi di Kabupaten Kepahiang terkait masalah pengelolaan aset tetap. Pengelolaan aset tetap ini merupakan serangkaian kegiatan yang sangat penting, dimana dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, masalah yang paling krusial di Kabupaten Kepahiang ini salah satunya adalah pengelolaan aset tetapnya. Adapun penelitian ini membahas tentang bagaimana sebenarnya proses pengelolaan aset tetap di Kabupaten Kepahiang khususnya di instansi Sekretariat Daerah, jika dilihat dari beberapa aspek pengelolaan aset tetap yaitu: perencanaan dan penganggaran kebutuhan aset tetap, pengadaan, serta pengamanan dan pemeliharaan aset tetap.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan, bagaimana sebenarnya proses pengelolaan aset tetap tersebut jika dilihat dari sisi perencanaan, pengadaan serta pengamanan dan pemeliharaan yang dilaksanakan oleh Sekretariat Daerah dengan berpedoman kepada Permendagri Nomor 17 Tahun 2007. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pengelolaan aset tetap yang  mengacu kepada peraturan pemerintah yang berlaku, serta melakukan wawancara dengan pihak yang berkaitan dengan kegiatan pengelolaan aset tetap ini khususnya aspek perencanaan dan penganggaran, pengadaan, serta pengamanan dan pemeliharaan. Adapun wawancara tersebut dilakukan dengan mewawancarai 7 orang narasumber yang terdiri dari 3 orang Kepala Bagian, 1 orang Pengurus Barang serta 1 orang panitia ULP.

Hasil peneltian menunjukkan tingkat efektifitas pelaksanaan pengelolaan aset tetap di Sekretariat Daerah Kabupaten Kepahiang, dilihat dari beberapa aspek pengelolaan aset tetap yaitu dari sisi perencanaan, pengadaan, serta pengamanan dan pemeliharaan adalah sebagai berikut: aspek perencanaan memperoleh tingkat efektifitas sebesar 91,8%, aspek pengadaan memperoleh tingkat efektifitas sebesar 98,5%, serta aspek pengamanan dan pemeliharaan sebesar 72,7%. Hal ini mengindikasikan bahwa proses perencanaan, pengadaan, serta pengamanan dan pemeliharaan yang dilakukan di Sekretariat Daerah Kabupaten Kepahiang telah efektif dilakukan, berpedoman kepada Peraturan Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor penentu keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan aset tetap daerah, diantaranya dari aspek perencanaan meliputi Pengetahuan Pejabat pengelola barang milik daerah, kebijakan pimpinan dan kesadaran SDM, koordinasi, sarana dan prasarana. Dari aspek pengadaan meliputi pengetahuan panitia ULP, peran dari LPSE, koordinasi serta faktor ekonomi. Sedangkan dilihat dari aspek pengamanan dan pemeliharaan meliputi, pengetahuan pejabat pengelola barang milik daerah, koordinasi, sarana dan prasarana, komitmen, kesadaran SDM, ketersediaan anggaran, serta pengawasan.

Saran dari penelitian ini adalah hendaknya dalam melaksanakan perencanaan lebih cermat, mengedepankan asas efektif dan efisien serta lebih memperhatikan daftar ketersediaan barang, menjadikan LPSE sebagai layanan yang bukan hanya digunakan apabila moment tertentu saja, akan tetapi menjadikan LPSE sebagai pusat sumber informasi sebelum melaksanakan lelang/pengadaan di setiap instansi pemerintah, Kepala Bagian selaku kuasa pengguna barang memulai untuk kedepan jangan hanya menganggarkan belanja pemeliharaan untuk aset tertentu saja, akan tetapi untuk keseluruhan aset tetap yang dalam penguasaannya, Pengurus barang untuk bisa memulai membuat kartu pemeliharaan barang demi tertibnya proses tata kelola barang yang baik, serta meningkatkan lagi fungsi pengawasan dan memperbaiki manajemen yang ada untuk mewujudkan pengelolaan barang milik daerah yang baik.

Kata kunci: Pengelolaan Aset Tetap, Aset Tetap, Permendagri No. 17 Tahun 2007,

                   Perencanaan, Pengadaan, Pengamanan & Pemeliharaan

  • Mahasiswa
  • Pembimbing Utama
  • Pembimbing Pendamping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.