Right Sizing – Penataan Birokrasi

Right sizing (penataan birokrasi) merupakan upaya yang digunakan untuk melakukan penataan terhadap unit atau struktur organisasi yang ada dalam birokrasi dengan menggunakan jumlah pegawai yang tepat untuk melaksanakan tugas dan fungsi yang dimiliki oleh organisasi birokrasi tersebut. Terdapat tiga indikator yang dapat digunakan untuk melakukan right sizing (penataan birokrasi):

  1. Pertama, kebijakan strategis. Adanya perubahan terhadap pemerintahan dan aparatur negara dalam suatu organisasi birokrasi didasarkan pada bagaimana kebutuhan pemerintah nasional.
  2. Kedua, adanya pembagian satuan organisasi. Pembagian satuan organisasi dimaksudkan agar dalam penataan birokrasi, semua unit yang termasuk di dalam birokrasi memiliki tugas, fungsi dan kewenangannya masing-masing. Hal ini disebabkan karena di Indonesia masih banyak organisasi perangkat daerah yang memiliki fungsi ganda sehingga antar badan atau organisasi yang memiliki fungsi ganda saling bertubrukan satu sama lain. Dengan adanya pembagian struktur organisasi ke dalam unit-unit yang memiliki tugas, fungsi dan tujuan dan berbeda tetapi saling berkaitan satu sama lain diharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan.
  3. Ketiga, memadukan orang-orang dalam organisasi. Setelah melakukan pembagian struktur organisasi ke dalam unit-unit yang memiliki tugas, fungsi dan tujuan yang berbeda, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan penempatan pegawai ke dalam organisasi birokrasi tersebut. Penempatan pegawai ini perlu memperhatikan beberapa aspek. Aspek paling utama yang harus diperhatikan adalah bagaimana kualifikasi atau kemampuan yang dimiliki oleh pegawai tersebut. Apakah sesuai dengan unit dimana mereka akan ditempatkan atau tidak. Kesalahan dalam penempatan orang-orang dalam organisasi dapat berakibat kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh orang tersebut sehingga akan berdampak pada hasil kinerja yang kurang maksimal dalam birokrasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.