Evolusi Masalah Manajemen Dari Perspektif Manajemen

Review Jurnal, Marek Szarucki

Latar Belakang

Masalah manajerial dianggap perlu diamati pada berbagai tingkatan dalam hierarki organisasi terutama mereka yang memiliki posisi untuk memberi perintah kepada bawahan mereka. Setiap aliran pemikiran manajemen berupaya mengembangkan instrumen metodologisnya sendiri untuk menyelesaikan masalah yang muncul di dalam maupun di luar organisasi.

Sumber masalah manajerial dibagi menjadi eksternal dan internal organisasi. Secara umum, awal pengembangan ilmu manajemen sebagian besar masalah diidentifikasi dalam organisasi adalah lingkungan yang tidak stabil dan tidak dapat diprediksi.

Identifikasi masalah manajerial adalah tugas yang sangat penting untuk dilakukan untuk metodologi untuk memungkinkan menunjukkan metode yang cocok untuk memecahkan masalah tersebut. Berdasarkan analisis dan pengamatan literatur yang lengkap, dapat dikatakan bahwa masalah yang muncul dari organisasi adalah faktor pendorong dan merangsang pengembangan aliran metodologis ilmu manajemen.

Tujuan Penelitian

Tujuan utama dari makalah ini adalah untuk menganalisis evolusi masalah manajerial dari perspektif ilmu manajemen serta untuk menyajikan pendekatan metodologis yang dominan untuk pemecahan masalah.

Metodologi

Metode yang digunakan pendekatan metodologis ilmu manajemen melallui tinjauan kristis pada literatur manajemen

Pembahasan

Dalam disiplin ilmu manajemen, evolusi masalah manajerial terkait dengan enam belas aliran ilmu manajemen. Terlepas dari kenyataan klasifikasi terperinci pengembangan seperti aliran ilmu manajemen, proposal pandangan tentang evolusi masalah manajemen tidak boleh diangap sudah selesai dan perlu dibahas lebih lanjut dan dikembangkan.

Dari perspektif pemecahan masalah manajemen kontemporer dalam organisasi, penting untuk mengembangkan konsep metodologis yang memungkinkan kita untuk memilih dan mengadaptasi metode yang tepat dalam mengatasi masalah yang spesifik.

Terlepas dari pandangan luas tentang masalah manajemen yang disajikan dalam makalah ini, memberikan dasar yang baik untuk mengembangkan klasifikasi masalah baru yang lebih spesifik, menangani berbagai aspek masalah manajerial misalnya masalah kepemimpinan, masalah mengembangkan model bisnis baru atau mempertahankan pembangunan berkelanjutan.

Temuan Penelitian

  1. Pertama, akan sangat berharga untuk mengeksplorasi evolusi masalah manajemen secara lebih mendalam dari perspektif aliran metodologis ilmu manajemen. Ini akan membantu menjawab pertanyaan yang terkait dengan pengembangan metodologi pada pemilihan metode untuk memecahkan masalah manajemen kontemporer spesifik.
  2. Kedua, mengembangkan model untuk mengklasifikasikan metode yang digunakan untuk pemecahan masalah manajerial yang berbeda akan bermanfaat bagi kedua ahli metodologi manajemen dan praktisi. Klasifikasi metode semacam itu akan sangat berkontribusi pada pengembangan metodologi ilmu manajemen.

Critical Review

Setiap orang yang mempunyai kedudukan atau posisi atau seorang pimpinan pada organisasi pemerintah maupun swasta harus mengatur organisasinya dan dapat mengatur bawahanya. Tentunya dalam menjalankan tugas tidak terlepas dari masalah yang muncul baik dari luar atau dalam organisasi.

Oleh karena itu seorang pemimpin perlu dapat menganalis masalah yang terjadi melalui pendekatan metodologis ilmu manajemen melalui tinjauan kristis literatur manajemen dari berbagai alairan yang ada, sehingga dapat mengetahui penyebab masalah dan solusi yang diperlukan dalam mengatasai masalah yang terjadi dalam organisasinya.